Jumat, 03 Oktober 2014

manusia dan cinta kasih



MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia dan cinta kasih selalu erat hubungannya. Bahkan dimana ada manusia, cinta kasih akan selalu menyertai.

A.    PENGERTIAN CINTA KASIH

Cinta adalah rasa suka dan rasa sayang yang lebih dan tidak ingin timbal balik. Cinta dipenuhi dengan nuansa memaklumi dan memaafkan. Cinta adalah perasaan yang timbul karena adanya keinginan untuk saling mengerti dan menjaga. Sedangkan, Kasih adalah perasaan suka atau cinta yang menaruh belas kasih. Kasih juga tidak mengharapkan timbal balik. Dengan demikian, rasa kasih sangat memperkuat rasa cinta.
Walaupun cinta dan kasih hampir memiliki arti yang sama namun terdapat perbedaan dikeduanya. Cinta lebih mengandung perasaan yang mendalam sedangkan kasih lebih keluarnya. Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta dan kasih merupakan landasan hubungan manusiawi yang akrab. Cinta juga menjadi pengikat yang kokoh dalam hubungan antara manusia dan tuhannya, sebab dengan adanya cinta manusia akan menjadi ikhlas dalam menyembah dan mengikuti segala perintah tuhannya.
Dalam agama islam arti cinta juga diungkapkan melalui kitab suci Al-Qur’an. Di kitab suci Al-Qur’an menjelaskan cinta merupakan suatu fenomena yang tersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta itu sendiri dibagi dengan beberapa tingkatan. Tingkatan pertama yaitu tingkatan yang paling tinggi atau paling kuat, yang dimiliki oleh manusia untuk mencintai Allah dan para Rasulullah. Tingkatan yang kedua atau sedang, yang dimiliki manusia untuk orang tua, anak, saudara dan kerabat. Sedangkan tingkatan terakhir atau terendah, yang dimiliki manusia untuk lenih mengutamakan keluarga, kerabat, harta, tahta, dan tempat tinggal.
Dengan mengetahui tingkatan-tingkatannya setiap manusia yang beragama islam akan mengetahui hakekat setiap tingkatan, hakekatan tingkat pertama adalah dimana manusia akan mencurahkan semua isi hatinya serta segala cintanya hanya untuk Allah SWT. Karena Allah lah yang maha sempurna, maha indah dan maha agung. Tak ada satupun selain Allah yang memiliki kesempurnaan sifat seperti itu.
Hakekat cinta kedua atau menengah adalah suatu energi yang timbul dari perasaan seseorang yang dicintainya, aqidah, keluarga, kekerabatan dan persahabatan. Karena dengan hubungan cinta dan kasih sayang maka keakraban diantara mereka akan semakin kuat.
Hakekat cinta rendahan adalah cinta yang paling keji, hina dan merusak norma-norma kemanusiaan. Contoh cinta rendahan misalnya :
1)      Cinta kepada setan, cinta ini adalah cinta yang paling keji dan hina karena mereka berani menyembah sesuatu selain Allah
2)      Cinta yang dilandasi dengan hawa nafsu dan cinta yang mengutamakan kepentingan dunia dari pada cinta kepada akhirat

B.     CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Banyak yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dengan dikaitkan dengan agama. Padahal manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam dunia ini, bahkan cinta dapat didengungkan lewat lagu. Tetapi kenyataan cinta sebagai dasar kehidupan sangat jauh dari kenyataan. Atas dasar ini agama mengajarkan cinta kepada setiap manusia. Berbagai bentuk cinta bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur’an.
·         Cinta diri sendiri :
Mencintai diri sendiri sangat erat kaitannya dengan menjaga diri. Dengan cara ia mencintai segala sesuatu yang ada dirinya, maka dia sudah mencintai dirinya sendiri. Tapi jika dia membenci apa yang dia miliki pada dirinya dia akan mendatangkan keburukan untuk dirinya sendiri.  Diantara gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaannya yang sangat terhadap harta, yang dapat merealisasikan semua keinginannya dan memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup. Namun mencintai diri sendiri juga jangan sampai membuat kita melebihi batasan yang akan menimbulkan sesuatu hal yang buruk.
·         Cinta kepada sesama manusia :
Agar manusia memiliki keharmonisan dan keserasian kepada sesama manusia lainnya. Manusia harus menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang lain yang ada disekitarnya. Al-Qur’an juga menyeruhkan kepada semua orang-orang yang beriman agar saling cinta mencintai seperti cinta mereka kepada  diri mereka sendiri. Dalam seruan itu sesungguhnya terkandung pengarahan kepada para mukmin agar tidak berlebih-lebihan dalam mencintai diri sendiri dan agar lebih baik membagi cintanya kepada sesama manusia.
·         Cinta seksual :
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian dan kerjasama antara suami dan istri. Dorongan seksual sangat penting karena memiliki fungsi untuk melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis. Lewat dorongan seksual terbentuklah keluarga dan keturunan-keturunan untuk meramaikan dunia dan melestarikan kebudayaan. Tapi cinta dengan seksual ini hanya boleh dilakukan untuk orang-orang yang sudah memiliki ikatan yang sah dengan cara pernikahan.
·         Cinta kepada Allah dan Rasulullah :
Cinta manusia yang paling jernih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduannya kepada Allah. Tidak hanya lewat shalat, pujian dan doa saja tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan agar mempunyai kecintaan kepada yang lainnya. Sedangkan cinta kepada rasulnya adalah cinta yang menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. Itu karena rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral maupun sifat lainnya.



C.     KASIH SAYANG

Pengertian kasih sayang menurut bahasa adalah perasaan sayang, cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang adalah kunci kebahagian apalagi untuk seseorang yang telah berumah tangga. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dari masing-masing dituntut untuk saling menjaga, berkorban, jujur, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka hingga keduanya merasakan keutuhan dalam sebuah hubungan. Kasih sayang dasar komunikasih sebuah keluarga tanpa adanya rasa kasih sayang dalam sebuah keluarga maka bisa disebut keluarga tersebut memiliki atau mempunyai keluarga yang kurang harmonis.
Suatu kasus yang sering terjadi diantara sebuah keluarga yang dilatar belakangi dengan kurang perhatian dan kasih sayang dari satu sama lainnya. Adanya kasih sayang yang diberikan oleh orang tua akan memberikan dambak baik untuk pertumbuhan anaknya. Sebaliknya, jika orang tua dan anak tidak saling memberikan kasih sayang maka akan ada benteng yang membatasi sebuah keluarga dan akan sangat tidak nyaman untuk satu dan sama lainnya.

D.    KEMESRAAN

Kemesraan berasal dari kata mesra yang memiliki arti simpati yang akrab. Kemesraan dimiliki oleh pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara dari yang masih pacaran sampai yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Contohnya kemesraan yang dijabarkan oleh William Shakespeare dalam kisah romeo dan juliet. Kemampuan mencintai akan memberikan nilai positif dalam hidup kita dan sanggup membuat kita maju menjadi yang lebih baik. Tapi bila seorang mengobral cinta, maka dia telah merusak nilai cinta yang dapat menurunkan matrabat dalam dirinya sendiri. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Dengan kemesraan orang dapat membentuk berbagai seni.
E.     PEMUJAAN

Pemujuan adalah salah satu cara kita untuk menyampaikan perasaan cinta kita kepada Tuhan dalam bentuk komunikasi ritual. Tuhan adalah pencipta dan juga Tuhan bisa jadi penghancur segalanya. Bila manusia selalu menjalankan perintahnya maka Tuhan akan selalu senantiasa bersamanya tetapi jiga manusia tidak menjalankan perintahnya maka ketakutan akan selalu mendampingi kehidupan manusia tersebut. Karena itulah untuk menghilangkan ketakutannya manusia memuja-Nya.
Karena itulah pemujuaan kepada Tuhan adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Manusia mencintai Tuhan karena dia maha pengsih lagi maha penyayang. Kecintaan manusia itu disalurkan dalam bentuk pemujaan atau shalat. Dalam berbagai manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Pemujaan itu pada dasarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.

F.      PENGERTIAN MANUSIA

Pengertian Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain, oleh karena itu manusia senantiasa membutuhkan interaksi dengan manusia yang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia membutuh orang-orang untuk mendukung dan membantunya. Manusia memiliki cinta dan kasih sayang yang sangat banyak. Jika manusia mampu memberikan cinta kasih dengan cara yang sangat baik maka manusia akan hidup bahagia sebagaimana hasil yang telah ia dapatkan dari cinta kasih  yang telah dia berikan. Sebaliknya jika manusia menutup diri dan tidak mau membagi cinta kasinya maka manusia itu akan merasan dirinya sebagai orang yang merugi.


EXPERIENCE
            Pengalaman menurut manusia dan cinta kasih yang saya miliki adalah tentang kasih sayang seorang ibu yang sangat besar dan sangat dapat dirasakan.
            Saya memiliki seorang teman yang ibunya mempunyai klinik bidan, karena kebetualan ibunya adalah seorang bidan yang sangat handal. Tadinya saya dan teman saya memiliki janji bermain bersama. Karena janji itulah yang membuat saya kerumahnya untuk berkunjung tetapi teman saya ada di klinik milik ibu. Akhirnya karena sudah terlanjur akhirnya saya mampir ke kliniknya tersebut. Klinik itu padat karena ini hanya sebuah klinik kecil bukan rumah sakit yang menyediakan lahan luas. Maka klinik ini di isi lima keluarga pasien saja sudah kelihatan penuh.
            Saat itu teman saya sedang membantu seorang ibu yang melakukan USG, karena orang tuanya sedang membantu seorang ibu yang melahirkan. Saya mencoba membantu teman saya yang sedang menyiapkan alat-alat USG, setelah semuanya selesai pasiean itu datang dan berbaring ditempat tidur. Sebagaimana mestinya suami istri, seorang calon ibu itu diantaran suaminya USG. Suaminya dengans setia mendampinginya, dengar punya cerita dari pasien itu ini adalah anak pertama mereka. Dengan bantuan seorang bidan, saya dan teman saya melakukan USG kepada ibu yang mempunya kandungan berusia 7 bulan itu. Karena USG sekarang semakin cangih muka sang bayi pun kelihatan. Bayi tersebut berjenis kelamin wanita. Disana saya menyaksikan kebahagian kedua pasangan itu. Dengan senyum yang tidak pudar dari kedua bibirnya mereka berdua bahkan terharu melihat kandungannya bergerak. Dengan kejadian tersebut saya seorang yang cengeng pun ikut meresa terharu. Bidan pun bilang anaknya sehat-sehat saja, harus banyak makan buah terus jalan-jalan supaya kandungannya kuat untuk melahirkan normal.
            Setelah membantu USG, yang sebenernya bukan membantu tapi hanya melihat saja. Saya keruangan teman ibu saya. Disana ibu teman saya sedang istirhat karena lelah membantu orang melahirkan. Kalo dihitung-hitung hampir 8 jam akhirnya bayi itu keluar dengan selamat dan sempurna seluruh badannya. Ibunya teman saya cerita sebenernya ibu yang tadi dia bantu awalnya divonis tidak bisa melahirkan normal, karena kondisi ibunya yang cukup lemah. Tapi ibunya si bayi ini tetap kekeh ingin melahirkan normal. Dengan keputusan ibunya itu. Akhirnya ibunya teman saya memberikan berbagai jenis vitamin dan ibunya itu harus banyak makan sayur dll yang baik untuk stamina dia dan kesehatan bayinya.
            Pada saatnya tiba 9 bulan lebih ibu itu datang dengan keinginan melahirkan normal. Tapi perjalanan untuk melahirkan normal sangat lama di tempuhnya. Berbagai halangan dan cara untuk melahirkan anak pertamanya tersebut. Kebetulan ibunya itu baru saja melahirkan anak pertamanya juga. Tapi setelah ibunya dapat dukungan dari suami dan keluarganya, dia pun memberanikan diri dan lebih menguatkan dirinya. Suaminya selalu mendampinginya saat melahirkan sedangkan keluarganya yang lain tidak henti-henti berdoa, mendoakan yang terbaik segera terjadi. Pertarungan nyawa. Itulah yang benar-benar saya rasakan selagi mendengarkan cerita tersebut.
            Dengan doa yang senantiasa diberikan orang-orang yang sayang dengannya, akhirnya lahirlah seorang bayi laki-laki sehat dengan berat hampir 3 kg. Tapi karena kondisi ibunya yang sangat lemah setelah melahirkan ibunya tidak sadarkan diri melainkan pingsan dalam waktu yang lumayan lama.
            Setelah itu saya melihat bayi laki-laki itu. Tangannya mungkil sambil bergerak digantikan baju oleh astiten bidannya, saya melihat ayahnya bayi tersebut yang menetekan air mata sambil mengendongnya. Bahagia rasanya walaupun saya bukan bagian dari keluarganya. Disana saya merasakan betapa sulitnya seorang ibu melahirkan anaknya yang telah ia kandung lebih dari sembilan bulan. Betapa langsung teringatnya saya dengan orang tua saya, yang berusaha melahirkan saya dengan pertaruhan nyawanya sendiri. Membesarkan saya yang terkadang nakal dan selalu memberikan cinta kasih kepada saya tanpa meminta balasan. Saya bangga untuk seluruh orang tua di dunia ini. Terutama kepada kedua orang tua saya. I LOVE YOU



Tidak ada komentar:

Posting Komentar